Rabu, 23 November 2011

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA - PUSKESMAS SUNTER AGUNG II TINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN

1. Data Publikasi
a. Judul : PUSKESMAS SUNTER AGUNG II TINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN
b. Penulis : Wandi/ak
c. Penerbit : POS KOTA
d. No. Tanggal : Sabtu, 19 November 2011
e. No. Halaman : Halaman 4, Jakarta Raya
f : Tema : PELAYANAN KESEHATAN

2. Sipnosis/Ringkasan :
Puskesmas kepanjangan dari Pusat Kesehatan Masyarakat yang mengalami peningkatan masalah pelayanan kepada masyarakat yang terdapat di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kepala Puskesmas Kelurahan Sunter Agung II oleh dr. Ratna Tjandrawati mengatakan akan menerapkan konsep Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 bukan untuk pencitraan, namun meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan ia juga mengatakan akan bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ade Heri Pancalita merupakan Wakil Manajemen Mutu. Ia juga mengatakan ISO merupakan target Puskesmas Sunter Agung II, karena ia ingin memberikan pelayanan kesehatan yang professional, agar masyarakat untuk tetap mandiri dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu targetnya hingga mencapai Millennium Development Goals (MDGs) 2015.

Menurut warga masyarakat Sunter Agung, ia mengatakan Puskesmas Sunter Agung II mengalami banyak perubahan seperti pelayanan yang baik, ramah, serta urusan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang tidak sulit.

3. Keunggulan :
Setelah kita lihat dan membaca berita masalah “Peningkatan Layanan Kesehatan” ada beberapa yang telah memenuhi syarat yaitu :
Menurut pandangan masyarakat mengenai peningkatan layanan kesehatan yang diadakan oleh Kepala Puskesmas Kelurahan Sunter Agung II dr. Ratna Tjandrawati sangatlah berguna karena diajukan penerapan ISO 9001:2008, pelayanan yang professional, lalu pelayanan yang ramah dan diberlakukannya surat SKTM. Itu sudah membuat masyarakat menjadi bangga akan pelayanan tersebut untuk tetap hidup bersih dan sehat berguna apalagi tagetnya mencapai Millennium Development Goals (MDGs) 2015.

4. Kelemahan :
Setelah kita lihat dan membaca berita masalah “Peningkatan Layanan Kesehatan” masih terdapat kelemahan yang belum terpenuhi yaitu masih banyak warga-warga yang belum mendapat kesehatan secara menyeluruh dan banyak korban-korban yang meninggal karena tidak mendapat surat SKTM atau belum dipantau oleh Pemerintah soal kesehatan ini, karena hanya sedikit Puskesmas yang telah meningkat mengenai pelayanan kesehatannya dan memakai mutu ISO dan pelayan kesehatan yang profesional, apalagi kurangnya sarana dan prasarana seperti obat-obatan serta perlengkapan medis.

Saya berharap Pemerintah lebih meluas dan lebih tegas lagi mengenai layanan kesehatan ini, agar tidak ada lagi korban-korban yang meninggal karena kurang diperhatikan masalah kesehatannya.

Dalam berita tersebut secara umum bahasa yang digunakan masih ada beberapa yang belum menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) , namun tidak disalahkan bila dalam artikel tersebut masih terdapat kata asing dan kata tidak baku, karena semua media massa maupun elektronik masih menggunakan kata yang tidak baku agar mudah dimengerti masyarakat, seperti elit, segan dan minder.

5. Pendapat Terakhir :
Pendapat saya mengenai peningkatan Puskesmas di Kelurahan Sunter Agung II, Tanjung Priok, Jakarta Utara sangatlah berguna bagi seluruh masyarakat, karena dengan adanya penerapan ISO 9001:2008 masyarakat tidak perlu lagi kawatir akan kesehatannya dan petugas di Puskesmas tersebut mempunyai etika ramah terhadap masyarakat yang akan berobat di Puskesmas ini, disamping itu bagi masyarakat yang tidak mampu masih diberlakukannya surat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Saya berharap akan terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan agar masyarakat tetap sehat, bersih dan terhindar dari segala penyakit.

6. Lampiran :
PUSKESMAS SUNTER AGUNG II TINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN

Puskesmas Kelurahan Sunter Agung II, Tanjung Priok, Jakarta Utara menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008. Hal ini untuk meningkatkan dan memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kepala Puskesmas Kelurahan Sunter Agung II, dr. Ratna Tjandrawati mengakui penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 bukan untuk pencitraan, namun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya, kemarin.

Masyarakat diminta tidak segan-segan untuk datang dan mendapat pelayanan di Puskesmas ini. “Meski Puskesmas ini berada di tengah pemukiman elit, warga tak usah segan atau minder untuk datang dan mendapat pelayanan,” jelas Ratna.

PERUBAHAN
Sementara itu, Ade Heri Pancalita, Wakil Manajemen Mutu mengatakan, ISO merupakan target Puskesmas Kelurahan Sunter Agung II. “Komitmen kami untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan yang professional. Melalui paradigma pemberdayaan masyarakat untuk mandiri dalam perilaku hidup bersih dan sehat guna mencapai target Millennium Development Goals (MDGs) 2015,” katanya.

Arifin, 32, warga Sunter Agung menilai banyak perubahan baik dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sunter Agung II. “Kami seperti dimanjakan saat bertobat, petugasnya ramah dan urusan surat-surat seperti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) tidak ribet,” katanya.

CARA MENGGUNAKAN EMOTICON KASKUS LIHAT KODE DISAMPING EMOTICON KEMUDIAN KETIK KODE TERSEBUT DIKOLOM KOMENTAR
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :aa: :ab: :ac: :ad: :ae: :af: :ag:
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Aturan Berkomentar :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata jorok, kasar, porno, dan tidak etis.
- Dilarang berkomentar Hoax, Sara ,Spam, dan Flame.
- Dilarang berjualan / promosi.

Note : Jika ingin meng-copy paste postingan disini dibiasakan memberikan sumbernya.

Terima Kasih.