Jumat, 18 Maret 2011

KURVA PENAWARAN


KURVA PENAWARAN
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan. Perhatikan Tabel 1 mengenai daftar penjualan apel Pak Noel. Kurva penawaran yang dibuat berdasarkan tabel tersebut.
Harga Apel (Rp/kg)
Penjualan (kg)
5000
5500
6000
6500
7000
7500
8000
50
55
60
65
70
75
80
Tabel 1. Daftar Penjualan Apel Pak Noel
Perhatikan kurva di atas. Kurva yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Dengan demikian kurva penawaran mempunyai arah garis (slope) positif yang berarti jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.

PERGESERAN KURVA PENAWARAN
Pada pergeseran kurva penawaran ini yang akan dibahas sama halnya pada pergeseran kurva permintaan. Kurva penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran selain faktor harga. Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Maksud kurva penawaran yang bergeser ke kiri adalah jumlah penawarannya mengalami kenaikan.

Namun, ketika kurva penawaran barang yang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang. Misalnya diperkirakan harga apel bulan depan akan naik karena harga pada pupuk naik. Kenaikan harga apel menyebabkan penurunan penawaran apel. Sehingga ketika diperkirakan harga di masa depan naik, maka penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya. Tabel berikut ini yang akan menunjukkan jumlah apel yang ditawarkan oleh Pak Noel sebelum dan sesudah kenaikan harga.
Harga Apel
(Rp/kg)
Jumlah Barang Yang Ditawarkan
Sebelum Kenaikan Harga (kg)
Sesudah Kenaikan Harga (kg)
5000
5500
6000
6500
7000
7500
8000
50
55
60
65
70
75
80
45
50
55
60
65
70
75
Tabel 1.1 Daftar Jumlah Apel Yang Ditawarkan Akibat Perubahan Kenaikan Harga

Tabel di atas jika dibuat grafik akan tampak seperti berikut ini.

Perhatikan kurva penawaran di atas. Kurva penawaran S yang bergeser ke kiri menjadi S1. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penawaran pada apel mengalami penurunan.

Penurunan kurva penawaran apel tersebut sebagai akibat dari meningkatnya harga pupuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dari salah satu atau lebih faktor-faktor yang dulu dianggap
tetap, akan mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.

CARA MENGGUNAKAN EMOTICON KASKUS LIHAT KODE DISAMPING EMOTICON KEMUDIAN KETIK KODE TERSEBUT DIKOLOM KOMENTAR
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :aa: :ab: :ac: :ad: :ae: :af: :ag:
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Aturan Berkomentar :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata jorok, kasar, porno, dan tidak etis.
- Dilarang berkomentar Hoax, Sara ,Spam, dan Flame.
- Dilarang berjualan / promosi.

Note : Jika ingin meng-copy paste postingan disini dibiasakan memberikan sumbernya.

Terima Kasih.