Selasa, 16 November 2010

MANAJEMEN, ADMINISTRASI DAN ORGANISASI OLAHRAGA


MANAJEMEN, ADMINISTRASI DAN ORGANISASI OLAHRAGA

Pengertian Manajemen
     Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengelola atau mengatur. Defenisi manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan.

Pengertian Manajemen Olahaga
     Apa Manajemen Olahraga ? Manajemen olahraga adalah suatu kombinasi keterampilan yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian, penganggaran, dan evaluasi dalam kontek suatu organisasi yang memiliki produk utama berkaitan dengan olahraga.
     Pengkombinasian tersebut perlu SDM yang terlibat dalam organisasi, bersatu dalam sebuah sistem bahu membahu bekerja untuk mencapai tujuan. Manajer adalah orang salah satu orang yang utama dalam organisasi olahraga karena harus mampu merencanakan, mengambil keputusan, melakukan koordinasi serta memotivasi produktivitas karyawan dan hubungan antar pengurus, memahami dan mengerti fungsi-fungsi manajemen.
Fungsi-fungsi manajemen olahraga :

·      Perencanaan

·      Pengorganisasian

·      Penentuan keputusan

·      Pembimbingan/directing

·      Pengendalian

·      Evaluasi

           
Perencanaan
     Perencanaan merupakan tindakan teratur dengan didasari pemikiran yang cermat sebelum melakukan usaha pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan ini terdiri dari 5W+1H :
·      What (apa yang akan dikerjakan/materi apa).
·      Why (mengapa pekerjaan itu dilaksanakan/dasar pertimbangan).
·      Who (siapa yg mengerjakan/pelaksana).
·      How (bagaimana mengerjakannya/tatakerja).
·      Where (dimana akan dikerjakan).
·     When (kapan waktunya).

Pengorganisasian
     Pengorganisasian merupakan proses aktivitas kerjasama antar fungsi dalam manajemen untuk mencapai tujuan. Aktivitas ini berusaha menghubungkan orang-orang dan job deskripsinya agar tidak ada ketumpang tindihan.

Penentuan Keputusan
     Penentuan keputusan merupakan aktivitas mengahkiri pertentangan mengenai sesuatu hal atau pemilihan terhadap macam-macam alternatif selama kerja sama berlangsung.
           
Pembimbing/Directing
     Pembimbingan/directing merupakan aktivitas memberikan petunjuk atau perintah untuk mempengaruhi dan mengerahkan anggota dalam kerjasama.
           
Pengendalian
     Pengendalian merupakan aktivitas yang berusaha agar kerjasama itu dapat berhasil sesuai dengan rencana, perintah, petunjuk serta ketentuan-ketentuan lain yang telah ditetapkan dengan mengawasi, memerikasa dan mencocokan segala sesuatu, apakah sudah berjalan dengan baik dalam usaha pencapaian tujuan bersama.
           
Evaluasi
     Evaluasi merupakan aktivitas yang berusaha memperbaiki dan menyempurnakan segala segi dalam usaha kerjasama. Aktivitas itu terutama ditujukan kepada struktur organisasi dan metode kerjasama.

Manajemen Organisasi Olahraga
     Apakah organisasi olahraga itu ?  Organisasi olahraga merupakan bentuk yang menjadi wadah usaha kerjasama sekelompok manusia, untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu bentuk organisasi olahraga adalah klub olahraga.
     Bagaimana manajemen sebuah klub olahraga ? Manajemen Sebuah Klub Olahraga. Manajemen sebuah klub olahraga memerlukan beberapa komponen-komponen yang berperan penting dalam pengelolan klub :
·      Manajer
·      Pelatih dan Program latihan
·      Atlet/pemain
·      Sarana dan prasarana
·      Pendanaan
·      Dukungan lingkungan

Pengertian Manajer
     Manajer adalah pemimpin utama dalam organisasi olahraga. Manajer mengerti fungsi-fungsi dasar manajemen :
1. Perencanaan
Manajer harus mempunyai visi untuk melihat jauh ke masa depan dan menyiapkan suatu strategi untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi.
2. Pengorganisasian
Manajer harus mampu menjelaskan job description untuk masing-masing bidang.
3. Penyusunaan Anggota (Staffing)
Manajer harus punya pengetahuan tentang SDM dengan seksama. Rekruitment pengurus dengan penuh perhatian dan memastkan bahwa masing-masing bagian telah di pimpinan yang berkompeten.
4. Memimpin (leading)
Manajer harus memimpn secara positif, memotivasi, mempengaruhi anggota klub untuk bekerjasama dalam rangka mencapai tujuan.
5. Pengendalian (Controlling)
Manajer harus menghubungkan satu dengan yang lain dari berbagi tahapan pekerjaan dalam suatu organisasi. Dengan adanya laporan, monitoring, dan evaluasi mengenai pencapaian tujuan yang telah digariskan, shg akan dpt diketahui titik lemah dan kuat dari pengelolaan masing-masing bidang tugas selama ini.
Model Kepemimpinan Manajer Klub Olahraga :
·      Model diktaktor
·      The organizer
·      The wheeler-dealer
·      The democrat
1. Model Diktaktor
Manajer yang selalu berorentasi pada hasil. Tidak mempedulikan seberapa besar dana yang harus dikeluarkan, yang penting hasil atau tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
2. The Organizer
Sangat perhatian dengan atlet, mengikuti perkembangan tetapi lupa untuk memperlakukan mereka sebagai layaknya manusia.
Keuntungan :
Manajer selalu mengikuti setiap perkembangan dengan segala peraturan terbaru, taktik dan pengetahuan, dan dapat meraih keuntungan sedikit diatas tim yang telah disiapkan dengan baik.
Kekurangan :
·      Manajer terlalu kaku dan tidak fleksibel dlm menghadapi suatu masalah.
·      Menyalahkan pemain jika mengalami kekalahan dari pada menyalahkan program latihan yang dibuat.
3. The wheeler-dealer
Digambarkan sebagai karakter pintar karena hidup dengan kecerdasan dan penuh firasat.
Keuntungan :
·      Mempunyai kepribadian karismatik yang menarik dalam klub.
·      Sangat percaya diri sehingga mampu menggugah motivasi dalam tim.
Kekurangan :
·     Adanya ketidakpastian yang diterapkan dapat menghilangkan rasa menghargai pemain terhadap manajer dan ini merusak semangat tim.
·      Kurang mampu melakukan pengorganisasi, persiapan pada tim.
4. The democrat
Digambarkan sebagai orang baik yang ingin membangun tim kerja melalui persahabatan, serta tidak suka konflik dalam tim.
Keuntungan :
·    Semangat tim selalu tinggi bila segala sesuatu berjalan baik di lapangan.
·   Kebijaksanaan yang terbuka dari manajer dapat membangun penghargaan yang lebih besar untuk mereka dan menciptakan atmosfir yang baik.
Kekurangan :
·      Manajer seperti ini dilihat oleh beberapa orang dlm tim sebagai orang yang lemah.
·     Tidak dapat mengatasi tekanan dengan baik ataupun mempersipkan pemain dan tim secara memuaskan; disiplin menurun drastis sebagai hasilnya.

Pelatih dan Program Latihan
     Mampu membuat program latihan yaitu suatu petunjuk yang mengikat tertulis, rasional dan terorganisir dengan baik utk mencapai perkembangan kondisi latihan dalam rangka mencapai tujuan . Manajemen pelatih dikembangkan sesuai dengan memanfaatkan metode ilmiah dan teknologi dalam membimbing, membina, dan mengarahkan atlet yang berbakat untuk merealisaikan prestasi sesingkat mungkin. Manajemen pelatih adalah bagaimana cara seorang pelatih menggunakan ilmu kepelatihannya untuk digunakan dalam pengelolaan atlet.

Atlet (pemain)
     Berasal dari berbagai lapisan masyarakat dan bergabung dengan klub atas dorongan motivasi. Manajemen atlet adalah bagaimana cara mengelola atlet agar dapat mendukung tujuan klub.

Sarana dan prasarana
     Manajemen sarana dan prasarana adalah bagaimana cara para pengurus dalam menjalankan serta mengelola sarana dan prasarana latihan yang digunakan.

Pendanaan
     Klub olahraga sangat butuh sponsor pendanaan yang dpt digali dengan bantuan bapak angkat, instansi setempat serta pemerntah utk menjamn berputarnya roda organisasi. Manajemen pendanaan adalah bagaimana cara para pengurus untuk mengelola mulai dari penggalian dana sampai pada pengalokasian dana tersebut dalam mendukung eksistensi dan prestasi klub.
     Bahwa dalam pengelolaan sebuah klub olahraga diperlukan kerjasama manajemen masing-masing komponen yang sangat berperan penting antara lain manajer, atlet, pelatih dan program latihan, pendanaan, sarana dan prasarana serta dukungan lingkungan dalam rangka mencapai tujuan klub yaitu prestasi olahraga.

Sumber : Link

CARA MENGGUNAKAN EMOTICON KASKUS LIHAT KODE DISAMPING EMOTICON KEMUDIAN KETIK KODE TERSEBUT DIKOLOM KOMENTAR
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :aa: :ab: :ac: :ad: :ae: :af: :ag:
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Aturan Berkomentar :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata jorok, kasar, porno, dan tidak etis.
- Dilarang berkomentar Hoax, Sara ,Spam, dan Flame.
- Dilarang berjualan / promosi.

Note : Jika ingin meng-copy paste postingan disini dibiasakan memberikan sumbernya.

Terima Kasih.