Senin, 15 November 2010

Organisasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa

Pengertian Organisasi Mahasiswa
            Organisasi mahasiswa adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa. Organisasi ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan intra kampus, organisasi kemahasiswaan ekstra kampus, maupun semacam ikatan mahasiswa kedaerahan yang pada umumnya beranggotakan lintas-kampus. Sebagian organisasi mahasiswa di kampus Indonesia juga membentuk organisasi mahasiswa tingkat nasional sebagai wadah kerja sama dan mengembangkan potensi serta partisipasi aktif terhadap kemajuan Indonesia, seperti organisasi Ikahimbi dan ISMKI. Di luar negeri juga terdapat organisasi mahasiswa berupa Perhimpunan Pelajar Indonesia, yang beranggotakan pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Definisi Organisasi Menurut Para Ahli
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
·         Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
·         James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·         Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Pengertian organisasi secara umum :
Organisasi ialah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama atau juga sistem kerjasama antara dua orang atau lebih.

            Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Gadjah Mada didasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada No : 32/J01.P/KM/97 tertanggal 12 April 1997 tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada sbb :

Tingkat Universitas


  • Organisasi kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada adalah wahana dan sarana pengembangan diri serta aspirasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian
  • Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, disingkat KM UGM adalah organisasi kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada.
  • Organisasi Kemahasiswaan terdiri atas :
 - Badan Kelengkapan Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang meliputi :
§  Kongres Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat KMU.
§  Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat SMU.
§  Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat BEMU.
§  Senat Mahasiswa Fakultas selanjutnya disingkat SMF.
§  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas selanjutnya disingkat BEMF.
§  Himpunan Mahasiswa Jurusan selanjutnya disingkat HMJ.
- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  • Tugas pokok :
- Kongres Mahasiswa adalah perwujudan kedaulatan tertinggi Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berada di tangan seluruh mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan setiap tahun mengadakan Sidang Umum Kongres.
§  Tugas Sidang Umum Kongres :
v  Menetapkan AD/ART KM UGM.
v  Menetapkan GBHK KM UGM.
v  Memilih dan menetapkan Ketua Kongres Mahasiswa dan sekaligussebagai Ketua SM UGM.
v  Memilih dan mengangkat ketua formatur sekaligus juga sebagai ketua BEM UGM yang berasal dari salah seorang Maid Formatur hasil Pemilihan Raya.
v  Menetapkan Maid Formatur lainnya.
§  Tugas Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada :
v  Mengawasi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas.
v  Menyerap dan merumuskan aspirasi anggota Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan menyalurkan kepada BEMU.
v  Mengeluarkan memorandum satu dan dua apabila BEMU tidak melaksanakan tugasnya atau menyimpang dari kebijaksanaan KMU.
v  Menjalin koordinasi dengan lembaga legislatif di tingkat Fakultas.
§  Tugas Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas :
v  Melaksanakan segala ketetapan KMU.
v  Mewakili mahasiswa Universitas Gadjah Mada baik ke dalam maupun keluar UGM.
v  Menjunjung tinggi AD dan ART KM UGM.
§  Tugas pokok dan fungsi UKM :
v  Tugas pokok UKM merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat perguruan tinggi dalam bidang tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
v  Fungsi UKM sebagai wahana merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat perguruan tinggi yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat.

Tingkat Fakultas

  • Badan Kelengkapan Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada di tingkat Fakultas terdiri dari :
- Senat Mahasiswa Fakultas disingkat SMF.
- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas disingkat BEMF; dan
- Himpunan Mahasiswa Jurusan disingkat HMJ, khusus bagi fakultas yang mempunyai         jurusan.
  • SMF mempunyai tugas pokok melaksanakan segala ketetapan SPSMF; membuat keputusan-keputusan yang dianggap perlu dalam pelaksanaan GBHK mahasiswa Fakultas; mewakili mahasiswa Fakultas baik ke dalam maupun ke luar Fakultas; dan melaksanakan rapat kerja bersama HMJ sebulan sekali.
  • BEMF mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan jurusannya di bawah koordinasi BEMF berdasarkan SPSMF. BEMF berfungsi sebagai pelaksanaan kegiatan di tingkat kejurusan.
  • Tugas dan fungsi HMJ. HMJ berfungsi sebagai pelaksanaan kegiatan di tingkat jurusan yang mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan jurusannya di bawah koordinasi BEMF berdasarkan SPSMF.


CARA MENGGUNAKAN EMOTICON KASKUS LIHAT KODE DISAMPING EMOTICON KEMUDIAN KETIK KODE TERSEBUT DIKOLOM KOMENTAR
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :aa: :ab: :ac: :ad: :ae: :af: :ag:
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Aturan Berkomentar :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata jorok, kasar, porno, dan tidak etis.
- Dilarang berkomentar Hoax, Sara ,Spam, dan Flame.
- Dilarang berjualan / promosi.

Note : Jika ingin meng-copy paste postingan disini dibiasakan memberikan sumbernya.

Terima Kasih.